A. POLIMORFISME
Kata polimorfisme yang berarti satu objek dengan banyak bentuk yang berbeda, adalah konsep sederhana dalam bahasa pemrograman berorientasi objek yang berarti kemampuan dari suatu variabel referensi objek untuk memiliki aksi berbeda bila method yang sama dipanggil, dimana aksi method tergantung dari tipe objeknya. Kondisi yang harus dipenuhi supaya
polimorfisme dapat diimplementasikan adalah :
Method yang dipanggil harus melalui variabel dari basis class atau
superclass.
Method yang dipanggil harus juga menjadi method dari basis class.
Signature method harus sama baik pada superclass maupun subclass.
Method access attribute pada subclass tidak boleh lebih terbatas dari
basis class.
Latihan 12. Polimorfisme.java
abstract class Bentuk {
protected int panjang;
protected int lebar;
public String getBentuk() {
return "Bentuk Dasar";
}
public abstract int hitungLuas();
}
class BujurSangkar extends Bentuk {
public BujurSangkar(int panjang1, int lebar1) {
this.panjang = panjang1;
this.lebar = lebar1;
}
public String getBentuk() {
return "Bentuk Bujur Sangkar";
}
public int hitungLuas() {
return panjang*lebar;
}
}
class SegiTiga extends Bentuk {
public SegiTiga(int panjang2, int lebar2) {
this.panjang = panjang2;
this.lebar = lebar2;
}
//public String getBentuk() {
//return "Bentuk Segi Tiga";
//return "";
//}
public int hitungLuas() {
return this.panjang*this.lebar/2;
}
}
class Polimorfisme {
public static void cetakLuasBentuk(Bentuk btk) {
System.out.println(btk.getBentuk() + " dengan luas " +
btk.hitungLuas());
}
public static void main(String[] args) {
BujurSangkar bs = new BujurSangkar(10,20);
BujurSangkar bs1 = new BujurSangkar(10,20);
SegiTiga st = new SegiTiga(5,10);
SegiTiga st1 = new SegiTiga(50,100);
cetakLuasBentuk(bs);
cetakLuasBentuk(bs1);
cetakLuasBentuk(st);
cetakLuasBentuk(st1);
}
}
B.INHERITANCE
Class dapat didefinisikan dengan referensi pada class yang lain yang
telah terdefinisi. Inheritance merupakan pewarisan atribut dan method pada
sebuah class yang diperoleh dari class yang telah terdefinisi tersebut. Setiap
subclass akan mewarisi state ( variabel-variabel ) dan behaviour ( method-
method ) dari superclass-nya. Subclass kemudian dapat menambahkan state
dan behaviour baru yang spesifik dan dapat pula memodifikasi ( override )
state dan behaviour yang diturunkan oleh superclass-nya.
Keuntungan dari inheritance adalah :
Subclass menyediakan state/behaviour yang spesifik yang
membedakannya dengan superclass, hal ini akan memungkinkan
programmer Java untuk menggunakan ulang source code dari
superclass yang telah ada.
Programmer Java dapat mendefinisikan superclass khusus yang
bersifat generik, yang disebut abstract class, untuk mendefinisikan
class dengan behaviour dan state secara umum.
Istilah dalam inheritance yang perlu diperhatikan :
Extends
Keyword ini harus kita tambahkan pada definisi class yang menjadi
subclass.
Superclass
Superclass digunakan untuk menunjukkan hirarki class yang berarti
class dasar dari subclass/class anak.
Subclass
Subclass adalah class anak atau turunan secara hirarki dari superclass.
Super
Keyword ini digunakan untuk memanggil konstruktor dari superclass
atau menjadi variabel yang mengacu pada superclass.
Methode Overriding
Pendefinisian ulang method yang sama pada subclass.
Dalam inheritance, method overriding berbeda dengan method
overloading. Kalau method overriding adalah mendefinisikan kembali
method yang sama, baik nama method maupun signature atau parameter yang
diperlukan dalam subclass, kalau method overloading adalah mendefinisikan
method yang memiliki nama yang sama, tetapi dengan signature yang berbeda
dalam definisi class yang sama.
Latihan 11. Inheritance.java
class A {
int x;
int y;
void TampilkanNilaixy() {
System.out.println("Nilai x : " + x + ", y : " + y);
}
}
class B extends A {
int z;
void TampilkanJumlah() {
//subclass dapat mengakses member dari supe
System.out.println("Jumlah : " + (x+y+z));
}
}
System.out.println("SubClass");
//member superclass dapat diakses dari subclass nya
VarsubOb.x = 5;
VarsubOb.y = 4;
VarsubOb.TampilkanNilaixy();
System.out.println("SubClass Jumlah");
//member tambahan yang hanya ada dalam subclass
VarsubOb.z = 30;
VarsubOb.TampilkanJumlah();
System.out.println("SubClass");
VarsubOb.x = 15;
VarsubOb.y = 14;
VarsubOb.TampilkanNilaixy();
System.out.println("SuperClass");
VarsuperOb.x = 10;
VarsuperOb.y = 20;
//super.x = 100; error
//super.y = 200; error
VarsuperOb.TampilkanNilaixy();
System.out.println("SubClass Jumlah");
VarsubOb.z = 60;
VarsubOb.TampilkanJumlah();
}
}class Inheritance {
public static void main(String[] args) {
A VarsuperOb = new A();
B VarsubOb = new B();
System.out.println("SuperClass");
VarsuperOb.x = 10;
VarsuperOb.y = 20;
VarsuperOb.TampilkanNilaixy();
C. ENKAPSULASI
Dalam sebuah objek yang mengandung variabel-variabel dan method-
method, dapat ditentukan hak akses pada sebuah variabel atau method dari
objek. Pembungkusan variabel dan method dalam sebuah objek dalam bagian
yang terlindungi inilah yang disebut dengan enkapsulasi. Jadi, enkapsulasi
dapat diartikan sebagai bungkusan ( wrapper ) pelindung program dan data
yang sedang diolah. Pembungkus ini mendefinisikan perilaku dan melindungi
program dan data yang sedang diolah agar tidak diakses sembarangan oleh
program lain. Manfaat dari proses enkapsulasi adalah :
Modularitas
Kode sumber dari sebuah objek dapat dikelola secara independen dari
kode sumber objek yang lain.
Information Hiding
Karena kita dapat menentukan hak akses sebuah variabel/method dari
objek, dengan demikian kita bisa menyembunyikan informasi yang
tidak perlu diketahui objek lain.
Contoh enkapsulasi :
class Encapsulation {
private int secret; //field tersembunyi
public boolean setSecret(int secret) {
if (secret <> 100) {
return false;
}
this.secret = secret;
return true;
}
public getSecret() {
return secret;
}
}
No comments:
Post a Comment